BALIKPAPAN NEWS – Wilayah Sabang dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (24/3/2021) sekitar pukul 13:44:27 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi memiliki parameter dengan magnitudo M=4.8

“Gempa bumi di Sabang tercatat 4.8 magnitudo dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.25 LU dan 94.41 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 123 km Barat Daya Kota Sabang – ACEH pada kedalaman 10 km,” kata Plt Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1, Eridawati.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia. 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh  dengan Skala Intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Kemudian terasa getaran seakan akan truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

 Hingga pukul 14:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg,” tegasnya. (RED03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here